Genset Synchronize

5
(99)

Apa itu Genset Synchronize?

Genset Synchronize adalah adalah sistem panel yang menggabungkan kekuatan dua unit genset atau lebih untuk menghasilkan daya sebesar jumlah genset yang dihubungkan.

rental_genset_synchronize

Syarat Genset Synchronizing

Sinkronisasi dapat dilakukan antara Genset dengan Genset, Genset dengan PLN ataupun sinkron pada medium voltage. Syarat syarat dasar untuk genset synchronize adalah sebagai berikut :

  1. Tegangan listrik yang sama
  2. Urutan phase yang sama
  3. Frekuensi listrik genset yang sama
  4. Sudut phase yang sama

Adapun penjabarannya sebagai berikut:

Tegangan listrik yang sama

Mengapa tegangannya harus sama ? Dengan tegangan yang sama maka pada saat diparalel dengan beban kosong power faktornya 1. Dengan power factor 1 berarti tegangan antara 2 generator persisi sama.

panel genset synchronize

Jika 2 sumber tegangan itu berasal dari dua sumber yang sifatnya statis misal dari battery atau transformator, maka tidak akan ada arus antara keduanya.

Namun karena dua sumber merupakan sumber tegangan yang dinamis, maka power factornya akan terjadi deviasi naik dan turun secara periodic bergantian dan berlawanan.

Mengapa bisa terjadi demikian ? Hal ini terjadi karena adanya sedikit perbedaan sudut phase yang sesekali bergeser karena factor gerak dinamis dari diesel penggerak.

sewa genset synchronize

Itu bisa dibuktikan dengan membaca secara bersamaan Rpm dari kedua genset dalam keadaan sinkron misalnya genset 1 mempunyai kecepatan putar 1500 dan genset 2 mempunyai kecepatan putar 1501 maka terdapat selisih 1 putaran / menit

Dengan perhitungan 1/1500 x 360 maka terdapat beda fase 0,24dan jika dihitung selisih teganan sebesar cos phi 0,24 x tegangan nominal (400 V ) – tegangan nominal (400 V ) dan selisihnya sekitar V dan selisih tegangan yang kecil cukup mengakibatkan timbulnya arus sirkulasi antara 2 buah genset tersebut dan sifatnya tarik menarik.

Kondisi itu tidak membahayakan dan pada saat dibebani bersama maka power faktornya akan relative sama sesuai dengan power factor beban.

Urutan phase yang sama

Yang dimaksud urutan phase adalah arah putaran dari ketiga phase. Arah urutan ini dalam dunia industri dikenal dengan nama CW ( clock wise) yang artinya searah jarum jam dan CCW (counter clock wise ) yang artinya berlawanan dengan jarum jam.

Hal ini dapat diukur dengan alat phase sequence type jarum. Dimana jika pada saat mengukur jarum bergerak berputar kekanan dinamakan CW dan jika berputar kekiri dinamakan CCW. Disamping itu dikenal juga urutan phase ABC dan CBA. ABC identik dengan CW sedangkan CBA identik dengan CCW.

Perlu diketahui bahwa dalam banyak generator mencantumkan symbol R,S,T,N ataupun L1,L2,L3 ,N namun tidak selalu berarti bahwa urutan CW / ABC itu berarti RST atau L1L2L3 jika diukur urutan STR, TRS ,L2L3L1 itu juga termasuk CW/ABC .

Sebagai contoh

Jika kabel penghantar yang keluar dari genset diseragamkan semua berwarna hitam dan tidak ada kode sama sekali, apakah kita bisa membedakan secara visual atau parameter listrik bahwa penghantar itu phasenya R , S , atau T tentu tidak. Kita hanya bisa membedakan arah urutannya saja CW atau CCW.

Apapun generatornya jika mempunyai arah urutan yang sama maka dapat dikatakan mempunyai salah satu syarat dari parallel generator. Sehingga bisa jadi pada dua generator yang sama urutan RST pada genset 1 dapat dihubungkan dengan phase STR pada Genset 2 dan itu tidak ada masalah asal keduanya mempunyai arah urutan yang sama.

Frekuensi yang sama

Dalam dunia industri dikenal 2 buah system frekuensi yaitu 50 hz dan 60 hz . Dalam operasionalnya sebuah genset bisa saja mempunyai frekuensi yang fluktuatif (berubah ubah) karena faktor-faktor tertentu.

Pada jaringan distribusi dipasang alat pembatas frekuensi yang membatasi frekuensi pada minimal 48,5 hz dan maksimal 51,5 Hz. Namun pada genset genset pabrik over frekuensi dibatasi sampai 55 hz sebagai overspeed.

Pada saat hendak parallel, dua buah genset tentu tidak mempunyai frekuensi yang sama persis. Jika mempunyai frekuensi yang sama persis maka genset tidak akan bisa parallel karena sudut phasanya belum match.

Salah satu harus dikurang sedikit atau dilebihi sedikit untuk mendapatkan sudut phase yang tepat. Setelah dapat disinkron dan berhasil sinkron baru kedua genset mempunyai frekuensi yang sama sama persis.

Sudut phase yang sama

Mempunyai sudut phase yang sama bisa diartikan, kedua phase dari 2 genset mempunyai sudut phase yang berhimpit sama atau 0 derajat.

Dalam kenyataannya tidak memungkinkan mempunyai sudut yang berhimpit karena genset yang berputar meskipun dilihat dari parameternya mempunyai frekuensi yang sama namun jika dilihat menggunakan synchronoscope pasti bergerak labil kekiri dan kekanan.

Dengan kecepatan sudut radian yang ada sangat sulit untuk mendapatkan sudut berhimpit dalam jangka waktu0,5 detik. Breaker membutuhkan waktu tidak kurang dari 0,3 detik untuk close pada saat ada perintah close.

Dalam proses genset synchronize masih diperkenankan perbedaan sudut maksimal 10 derajat. Dengan perbedaan sudut maksimal 10 derajat selisih tegangan yang terjadi berkisar 49 Volt.

Itulah 4 syarat yang perlu dipenuhi untuk dapat melakukan genset synchronize, bagi anda yang memerlukan rental genset silent dengan system genset synchronize, silahkan hubungi kami.

How useful was this post?

Click on a star to rate it!

Average rating 5 / 5. Vote count: 99

No votes so far! Be the first to rate this post.

Posted in Genset, Informasi and tagged , .